f Mengajarkan Berkendara Motor - all about the world

Update artikel terbaru dengan bergabung di fan page Christinarwen

Powered By EXEIdeas

Monday, November 15, 2010

Mengajarkan Berkendara Motor

Belajar mengendarai motor mungkin ini titik awal sesorang di berikan tanggung jawab yang besar, karena tidak hanya bermanfaat memudahkan suatu pekerjaan, tapi juga resikopun mungkin akan muncul seperti kecelakaan lalu lintas. Sedikit informasi yang mungkin bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengajarkan cara mengendarai motor yang baik dan benar.

Berikut cara mengajarkan mengendarai motor, tapi sebelumnya jika ingin mengendarai motor harus bisa mengendarai sepeda karena itu adalah dasar berkendara motor.

1. Mulai dengan mengajarkan bagaimana mengegas / mengakselerasi gas motor

Sepanjang yang saya tahu ketika seorang yang pertama kali memegang gagang akselerasi, yang dilakukannya pasti langsung ditarik sampai penuh, sampai-sampai mesin mengalami getaran yang karena putaran mesin yang tinggi akibat akselerasi yang berlebihan.
Untuk itu ajarkan cara mengakselerasi yang benar pelan-pelan, tapi ingat kondisi gigi porsenaling harus dalam kondisi netral (N)

2. Memasukkan gigi porsenaling 1 dan 2 dalam kondisi motor jalan

Memasukkan gigi porsenaling merupakan langkah selanjutnya dalam berkendara motor, ajarkan bagaimana memasukkan gigi porsenaling dengan mengurangi akselerasi gas dan menginjak tuas porsenaling

3. Mengerem Kendaraan Saat Kondisi Motor berjalan

Cara mengerem sepeda motor sedikit berbeda dengan sepeda biasa, kerena sepeda motor menggunakan mesin sehingga untuk mengeremnya pun harus mengurangi akselerasi mesin, untuk mengajarkan langkah ini sebaiknya ditemani di belakang untuk mengantisiapasi jika kendaraan jatuh karena bagi seorang yang belajar motor akan mudah untuk jatuh karena harus memecah konsentrasi antara mengurasi akselarasi dan mengerem,

4. Mencoba Menjalankan Motor Di Jalan

setelah mengegas, memasukkan porseneling dan mengrem selesai dilakukan, dan dinilai tidak bermasalah sebaiknya dilatih pada jalan yang sepi, dan jika berjalan dengan baik, dapat dicoba di kondisi jalan yang agak ramai, maskipun demikian pengajar harus selalu menemani di belakang pengemudi.

5. Pelajaran Mengenai Peraturan Lalu Lintas

Aturan di jalan harus diberikan kepada pengemudi yang belajar mengendarai motor, mulai dari hal yang berhubungan dengan marka jalan, rambu-rambu lalu lintas, bagaimana berkendara yang baik dan lain sebagainya, agar pengemudi motor terhindar dari kecelakaan atau tidak menimbukkan kecelakaan lalu lintas di jalan.

Sedikit berbagi tentang berkendara diatas semoga bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengajarkan berkendara kepada salah satu sanak keluarga ataupun teman, dan jika memerlukan informasi lainnya tentang berkendara silahkan klik kategori berkendara diatas, semoga bermanfaat.

.: sebelum menjadi pelatih yang baik, jadilah pemain yang baik :.

Share

0 komentar :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...