f Bahaya Pusar Berair - all about the world

Update artikel terbaru dengan bergabung di fan page Christinarwen

Powered By EXEIdeas

Sunday, February 13, 2011

Bahaya Pusar Berair

Pusar atau udel jarang sekali mendapat perhatian untuk dibersihkan, padahal menjaga kebersihan area pusar sama pentingnya dengan mencuci tangan atau kaki. Beberapa kondisi bahkan membuat pusar berbau busuk dan tidak sedap. Apa saja?

Pusar atau secara medis disebut umbilikus pada dasarnya merupakan bekas luka setelah kelahiran. Kebanyakan orang tidak menaruh perhatian khusus pada pusar. Tetapi ada keadaan tertentu yang mengharuskan Anda memperhatikan pusar secara penuh.

Salah satunya adalah pusar mengeluarkan cairan yang berbau busuk. Hal ini tidak hanya menjengkelkan tetapi juga bisa membuat orang malu.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan pusar berbau tidak sedap seperti dilansir Buzzle, Senin (24/1/2011),

1. Debu

Debu yang terperangkap di dalam pusar dapat menyebabkan iritasi pada kulit, yang akhirnya menyebabkan infeksi.


2. Peradangan

Akumulasi nanah dari jaringan yang meradang sekitarnya dapat membuat pusar berbau busuk. Bau ini disebabkan oleh keberadaan bakteri anaerob.


3. Kista Urachal

Kista ini terjadi bila saluran yang terhubung ke tali pusar janin tidak menutup. Jadi mungkin membengkak dan dapat menyebabkan kebocoran lendir atau urine. Kondisi ini termasuk langka dan dengan dapat diobati dengan bantuan operasi.


Kista urachal disertai dengan rasa sakit di perut dan peningkatan suhu tubuh. Kista bisa pecah di dalam dan cairan yang merembes keluar dapat menyebabkan bau yang busuk.

4. Candidiasis

Ini adalah bercak putih yang dapat terjadi pada pusar yang disebabkan oleh jamur candida. Jamur ini tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali. Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah berada pada risiko yang lebih tinggi karena tubuh menjadi tidak mampu untuk mengekang pertumbuhan jamur.


5. Patent Urachus

Tabung urachus adalah tabung kecil menghubungkan kandung kemih janin ke tali pusat. Dalam beberapa kasus, tabung urachus gagal menutup setelah lahir sehingga menyebabkan patent urachus.


6. Infeksi jamur

Penyebab lain bau dari pusar adalah infeksi jamur. Infeksi jamur pusar ditandai dengan gatal yang menyakitkan dan rasa terbakar.


7. Sepsis-Septicemia

Hal ini disebabkan karena infeksi yang diakibatkan penggunaan tindik di pusar. Piercing atau tindik di pusar sering menyebabkan pendarahan, yang bila terkontaminasi oleh patogen bisa menyebabkan infeksi. Infeksi ini biasanya mengeluarkan cairan hijau kekuningan yang disebut sepsis-septicemia.

Tapi tidak perlu khawatir karena banyak pengobatan yang efektif untuk mengatasi bau busuk dari pusar. Beberapa cara yang sering dilakukan antara lain seperti berikut:
  1. Coba krim anti jamur atau juga bisa menggunakan yogurt pada infeksi jamur
  2. Mengonsumsi antibiotik untuk mengendalikan gatal karena infeksi jamur
  3. Tempatkan es batu di perut untuk menghilangkan rasa gatal sehingga pusar tidak semakin infeksi karena digaruk
  4. Bersihkan pusar dengan air garam untuk mengurangi infeksi dan bau busuk
  5. Usahakan daerah sekitar pusar tidak lembab untuk mencegah pertumbuhan mikroba. Jika pusar berkeringat, sering berikan bedak untuk menghindari kondisi yang menguntungkan bagi bakteri atau jamur.
  6. Dalam kasus kista urachal, bersihkan area pusar dengan sabun anti bakteri setidaknya sekali dalam sehari. Juga gunakan klorida benzalkonium atau peroksida hidrogen pada kista 4-5 kali sehari.
  7. Dalam kondisi parah perlu dilakukan pembedahan.
sumber : detik.com

Share

0 komentar :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...