f Arti Warna Lampu Pada Mobil Dan Motor - all about the world

Update artikel terbaru dengan bergabung di fan page Christinarwen

Powered By EXEIdeas

Saturday, December 3, 2011

Arti Warna Lampu Pada Mobil Dan Motor

Lampu pada mobil dan motor salah satu instrument kelengkapan keamanan berkendara, tapi tidak jarang kita lihat di jalan banyak yang mengubah fungsi dari warna lampu yang terdapat pada mobil atau motor tentunya hal ini akan sangat membahayakan bagi pengendara lain, sedikit berbagi tentang arti warna lampu pada mobil dan motor di jalan.

Pada dasarnya lampu pada motor dan mobil dapat kita kategorikan menjadi 5 lampu berdasarkan fungsi yang ada.

Pertama lampu utama atau lampu depan terdiri dari 2 lampu depan pada mobil dan 1 lampu depan pada motor yang memiliki warna transparan karena fungsi dari lampu ini sebagai penerangan utama terutama pada malam atau tempat gelap dan juga dapat berfungsi sebgai peringatan bagi pengendara atau pengguna jalan lain di depan jika terjadi kesalahan yang mungkin dapat berakibat fatal, dengan mengangganti dengan cepat antara lampu jauh dan lampu dekat pada lampu utama. Sebaiknya kita menggunakan lampu berbahan halogen agar cahaya dapat maksimal terutama bagi yang sering berkendara di daerah yang tidak mempunyai lampu jalan.

Kedua Lampu kota, lampu kota terdiri dari lampu kecil biasanya berwarna putih transparan atau kuning kecil, lampu ini berfungsi sebagai tanda untuk membedakan ukuran kendaraan, umunya semakin besar maka lampu kota yang terpasang akan semakin banyak seperti trailer atau truk dan akan banyak terpasang di hampir semua badan kendaraan mulai depan sampaing dan belakang. Di belakang kendaraan mobil ataupun motor lampu kota akan menjadi satu tempat dengan lampu rem, hanya saja pada lampu kota cahaya pada lampu rem harus lebih terang.

Ketiga Lampu Rem, lampu rem terdapat hanya dibelakang kendaraan karena fungsi utamanya adalah sebagai peringatan bagi pengendara dibelakang kalau mobil atau motor melakukan pengereman atau berhenti, warna pada lampu rem harus berwarna merah dan cahaya lampu rem harus lebih terang dari lampu kota agar pengemudi di belakang dapat mengetahui kalau kendaraan di depan mengerem atau mau berhenti.

Kempat Lampu Sein atau riting, lampu ini berfungsi sebagai tanda bagi mobil atau motor akan berbelok baik kiri maupun kanan, lampu ini akan berkedip jika dinyalakan dan warna yang lampu adalah kuning.

Kelima lampu mudur, lampu ini hanya ada pada mobil atau kendaraan beroda empat atau lebih, fungsi utamanya sebagai tanda bagi pengendara atau pengguna jalan yang lain kalau kendaraan tersebut akan berjalan mundur, warna pada lampu ini adalah putih

Share

0 komentar :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...