f Yang Harus Diperhatikan Ketika Mentuneup Kendaraan Di Bengkel - all about the world

Update artikel terbaru dengan bergabung di fan page Christinarwen

Powered By EXEIdeas

Monday, December 6, 2010

Yang Harus Diperhatikan Ketika Mentuneup Kendaraan Di Bengkel

Tune Up kendaraan, sebuah rutinitas yang biasa kita lakukan setiap bulan untuk mejaga kondisi mesin selalu dalam kondisi fit dan siap digunakan tanpa permasalahan yang berarti, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita mentune up kendaraan kita di bengkel karena jika kita tidak jeli akan berakibat fatal bagi kendaraan kita.

Hal yang harus diperhatikan adalah :

1. Pergantian Oli yang benar dengan kompressor angin

Seringkali saya perhatikan beberapa bengkel masih menggunakan angin kompressor untuk membersihkan oli yang ada diruang mesin, sebenarnya hal ini dapat merusak mesin karena didalam tabung kompressor angin banyak tersimpan uap air yang dapat masuk melalu saluran kompressor yang yang ditiup kedalam mesin kendaraan. Akibatnya mesin akan cepat berkarat dan rusak karena korosi akan terjadi terus menerus di dalam mesin.

2. Sering dan lama mengakselerasi mesin dengan kecepatan tinggi

Selain pergatian oli yang salah, banyak juga mekanik yang melakukan akselerasi kecepatan mesin pada kecepatan tinggi selain sering dilakukan, terkadang sampai beberapa menit.

Sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan meskipun dengan alasan mengetest kondisi mesin, karena hal ini jika dilakukan terus menerus akan merusak mesin kendaraan mungkin sesekali tidak masalah tapi jika dilakukan sering dan lama akan mengakibatkan kendaraan menjadi tambah bermasalah

3. Sering Gonta Ganti Mekanik

Sebenarnya ini bukan kesalahan tapi sedikit pemecahan masalah yang mungkin bisa kita lakukan karena bagaimanapun proses tune up tetap dilakukan seorang mekanik, Jangan terlalu sering ganti mekanik karena tehnik yang digunakan mekanik yang berbeda-beda meskipun di bengkel besar sekalipun dan sudah ada SOP.

Dengan tidak sering ganti akan membuat kondisi lebih baik karena jika satu mekanik yang memegang service atau tune up kendaraan kita akan lebih tahu history kendaraan dan tentunya kita akan mengenal dan jika ada kesalahan diatas akan mudah untuk di ingatkan.

Semoga sedikit paparan diatas bermanfaat, jika ingin menambahkan silahkan menambahkan di kolom komentar, agar pembaca yang lain dapat melihat saran berharga anda.

.: Semoga Selamat Sampai Tujuan :.



Share

0 komentar :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...