f Beberapa Sebab Power Supply (PSU) Drop Atau Rusak - all about the world

Update artikel terbaru dengan bergabung di fan page Christinarwen

Powered By EXEIdeas

Tuesday, June 14, 2011

Beberapa Sebab Power Supply (PSU) Drop Atau Rusak

Power Supply atau lebih sering disingkat PSU sering kali tidak mendapatkan perhatian, mungkin karena bentuk atau posisi yang langsung terhubung dengan power PLN sehingga seringkali kita mengabaikan atau takut untuk melakukan perawatan atau pengecekan pada power supply. Tidak sedikit permasalahan yang terjadi karena power supply rusak mengganggu kinerja bahkan yang paling parah adalah merusak komponen atau peripheral lainnya seperti hardisk ataupun motherboard.

Sedikit berbagi penyebab power supply drop atau rusak, semoga dapat membantu meminimalisir kerusakan pada kompenen komputer yang lain.
Pertama, penyebab yang sering terjadi adalah masa kerja PSU sudah melampaui batas maksimal penggunaan, karena tiap PSU memiliki masa kerja yang bervariasi ada yang bertahan 2 tahun ada juga yang sampai 5 tahun, hal ini sangat dipengaruhi oleh lama penggunaannya.

Kedua Panas berlebih, panas berlebih pada PSU menyebabkan komponen yang berada didalam PSU rentan akan kerusakan, pembersihan berkala sangat diperlukan untuk permasalahan ini.

Ketiga Tidak mencukupinya kapasitas RAM, hal ini tidak seringkali tidak diperhitungkan, karena mungkin tidak banyak yang tahu mengenai hal ini, kurangnya kapasitas ram yang digunakan komputer akan berdampak pada kerusakan power supply, karena jika proses pengolahan data yang dilakukan komputer besar dan sampai RAM tidak mempunyai ruang lagi untuk menampung data yang terolah, maka yang bekerja adalah virtual memory. Virtual memory adalah ram virtual yang berfungsi jika ram fisik (memory) tidak dapat menampung data yang diolah, virtual ram mengambil sebagaian ruang hardisk, jika ram fisik sudah penuh maka otomatis data akan ditransfer ke hardisk. Hal ini membuat kerja hardisk akan semakin berat dan tentunya power supply akan bekerja lebih untuk mensupplai listrik ke hardisk, jika hal ini berlangsung terus menerus maka tidak hanya power supply, hardisk pun akan cepat rusak.

Share

0 komentar :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...