f Penyebab dan Mengatasi Touchpad Notebook Mati - all about the world

Update artikel terbaru dengan bergabung di fan page Christinarwen

Powered By EXEIdeas

Wednesday, December 12, 2012

Penyebab dan Mengatasi Touchpad Notebook Mati

Touchpad mati, mungkin tidak sedikit dari kita yang mengalaminya ketika masuk windows kursor mouse tidak dapat bergerak sama sekali, namun jika kita menggunakan mouse tidak ada masalah dan kursor mouse bergerak sesuai dengan gerakan mouse kita, beberapa hal yang patut kita lakukan pengecekan saat terjadi permasalahan ini adalah memastikan dahulu bahwa touchpad tidak rusak secara fisik dan hanya masalah kesalahan setting.

Untuk menganalisa kerusakan touchpad pastikan semua shortcut yang berhubungan dengan tombol on off touchpad telah dalam kondisi ON, beberapa notebook baru memang menggunakan tombol ON / OFF diatas touchpad sebagai alternatif agar touchpad dapat dimatikan atau dihidupkan sesuai kebutuhan. Perhatikan gambar dibawah ini.


Namun untuk laptop versi lama beberapa memang menggunakan tombol Fn, yang dikombinkasikan dengan tombol F6 atau F7 sesuai dengan simbol yang berada pada keyboard masing-masing type notebook kita, perhatikan gambar dibawah ini.

 
Jika kedua cara diatas tidak bisa sebaiknya kita lakukan pengeceka pada setting bios, karena beberapa type notebook ada yang masih melakukan setting touchpad pada BIOS. Namun jika cara diatas memang tidak bisa digunakan berarti terjadi kerusakan secara fisik dan yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada kabel penghubung antara touchpad dengan motherboard, tapi dalam beberapa kasus touchpad juga dapat rusak dikarenakan terkena air atau resapan benda cair lainnya, atau yang paling sering adalah terkena panas atau api rokok

Semoga informasi penyebab dan mengatasi touchpad notebook mati diatas dapat bermanfaat bagi kita semua, jika ada yang ingin ditambahakan silahkan tambahkan di kolom komentar.

Share

0 komentar :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...