f Bagian - Bagian Laptop Atau Notebook - all about the world

Update artikel terbaru dengan bergabung di fan page Christinarwen

Powered By EXEIdeas

Thursday, September 6, 2012

Bagian - Bagian Laptop Atau Notebook

Laptop atau notebook salah satu gadget yang banyak digunakan tidak hanya dikalangan pekerja tapi juga para pelajar, baik laptop (notebook) ataupun juga netbook yang sering digunakan sebagai media pendukung proses belajar atau bekerja, berikut sedikit informasi gambar bagian-bagian laptop baik notebook ataupun Netbook beserta fungsinya semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang sebuah laptop atau notebook.


1. Motherboard dan processor

Motherboard dan processor seringkali menyatu terutama pada netbook yang memiliki body yang kecil atau ramping, fungsi processor untuk memproses data jika pada manusia sepertihalnya otak, sedangkan motherboard berfungsi sebagai tempat menyatukan semua fungsi pada laptop agar bekerja sebagaimana mestinya, pada processor dan motheroard tiap laptop berbeda pada tiap typenya sehingga kita tidak bisa mengganti motherboard dengan sembarangan karena hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada laptop kita.

Perbedaan motherboard PC desktop dengan motherboard laptop dapat kita lihat pada soket yang menempel, pada motherboard laptop banyak soket yang tertempel seperti soket USB, soket MMC /micro SD, soket audio dan juga soket tambahan lainnya.

2. RAM atau memory

RAM berfungsi sebagai wadah penampung data sementara ketika processor selesai melakukan proses, ram sangat berpengaruh kepada kinerja sebuah laptop untuk itu salah satu cara untuk meningkatkan kinerja laptop adalah dengan menambahkan kapasitas ram yang besar agar proses laptop tidak terlalu lemot.


3. Hardisk

Hardisk pada laptop bebeda dengan hardisk pada PC desktop (komputer rumahan) ukuran hardisk laptop lebih kecil daripada PC desktop, ukuran hardisk laptop adalah 2,5", meskipun ukuran yang berbeda tapi secara kecepatan dan kapasitas tidak jauh berbeda dengan PC desktop.



4. Optical Disk Drive (CD / DVD rom)

Seperti halnya ukuran hardisk pada laptop, ukuran ODD pada laptopun juga kecil, fungsi ODD pada laptop sama dengan PC dekstop yaitu untuk membaca dan menulis CD ataupun DVD tergantung optical yang terpasang. Pada netbook tidak dilengakapi perangkat ODD, karena ukuran netbbok yang terlalu kecil sehingga tidak memungkinkan adanya perangkat ODD di netbook.


5. Monitor LCD / LED

Perbedaan monitor LCD dan LED adalah pada sumber cahaya pada monitor, jika pada LCD menggunakan lampu neon sebesar isi bolpoint, kalau pada monitor LED menggunakan lampu LED yang membutuhkan daya listrik yang kecil. Hal ini membuat monitor LED lebih diminati dan sering dipakai daripada LCD monitor



6. Keyboard Dan Touchpad


Keyboard dan touchpad pada laptop tidak jauh beda jika kita bandingkan dengan keyboard dan mouse pada PC desktop, kita juga dapat mengganti touchpad mouse dengan mouse USB agar touchpad dapat awet.




7. Battrei Laptop
Battrei laptop berfungsi sebagai sumber listrik pada laptop ketika laptop tidak tersambung pada listrik PLN, sebaiknya kita selalu pasang battrei laptop untuk menghindari kerusakan kompnen laptop yang diakibatkan adanya konslet ketika terjadi listrik mati.




8. Wifi Cards
Kartu wifi barfungsi untuk mengkoneksikan laptop kita baik ke router wifi atau wifi laptop lain menggunakan sinyal wifi, untuk penguatan sinyal wifi pada laptop telah ditambahkan antena tamabahan yang terlatak pada sebelah kiri kanan monitor LCD yang dihubungkan dengan 2 kabel yang tersambung dengan wifi card


9. Body Laptop
Body pada laptop berfungsi sebagai tempat komponen laptop baik motherboard, CD-rom ataupun Monitor LCD/LED, bentuk body laptop berbeda tiap serinya hal ini yang membuat laptop lebih terlihat bagus atau kuat.



10. Socket Tambahan

Soket tambahan meliputi HDMI ports, USB 3.0 ports, paraller ports, LAN ports, VGA ports dan soket lainnya. Pada laptop keluar sekarang hampir sama port dan fasilitas yang ditawarkan yang memberikan kita banyak kemudahan dalam menggunakan laptop.




Share

0 komentar :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...