f Tips Upgrade Memory RAM Desktop Dan Laptop - all about the world

Update artikel terbaru dengan bergabung di fan page Christinarwen

Powered By EXEIdeas

Saturday, August 25, 2012

Tips Upgrade Memory RAM Desktop Dan Laptop

RAM atau Random Acsess Memory salah satu bagian hardware atau perangkat keras dari komputer atau laptop yang berfungsi untuk mendukung kerja processor dalam memproses suatu data, pada umumnya semakin besar kapasitas sebuah RAM maka akan sangat berpengaruh kepada kecepatan proses sebuah komputer atau laptop, tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar karena jika kita salah untuk menambahkan maka bisa jadi PC atau laptop kita berjalan lebih pelan atau lemot, berikut tips mudah bagaimana upgrade memory ram tepat.

1. Kita harus pastikan jumlah RAM yang kita butuhkan, karena tidak semua operating system dapat kita tambah secara maksimal, seperti pada pada windows xp ram maksimal pada windows xp adalah 3,5 GB, tetap saja jika kita tambahkan diatas 4GB maka yang terbaca hanya 3,5GB, untuk itu kita harus mengetahui jumlah kapasitas RAM maksimal yang kita butuhkan dengan mengecek jenis OS dan jenis motherboard, karena tiap motherboard memiliki batas maksimal untuk penambahan RAM

2. Sebelum menambahkan ada baiknya kita memastikan jumlah slot RAM agar kita tidak salah dalam membeli dan menambahkan RAM, karena beberapa perangkat komputer seperti Netbook 10" (yang menggunakan processor atom) hanya disediakan satu slot hal ini akan membuat kita harus mengganti semua RAM kita, untuk mengeceknya kita dapat lakukan dengan mengecek manual perangkat tersebut atau dengan software atau juga dengan pengecekan langsung (dibongkar)

3. Pastikan frekuensi RAM baru yang akan kita tambahkan sama dengan frekuensi RAM yang sudah ada, hal ini agar tidak terjadi crash ketika RAM bekerja, dan jika memungkinkan sebaiknya kita pilih frekuensi yang lebih besar atau maksimal agar performa komputer atau laptop kita dapat meningkat secara signifikan, untuk mengetahui frekuensi ram biasanya kita dapat cek langsung pada fisik RAM atau melalui software everest, seperti DDR2 1GB 333MHz (pita frekuensi dari RAM tersebut adalah 333MHz)

4. Pastikan jenis RAM yang kita beli tidak salah karena sekarang ini jenis RAM bermacam-macam seperti DDR, DDR1, DDR2, DDR3 dan sebagian besar bentuknya tidak terlalu jauh perbedaanya, untuk itu harus kita pastikan jenis RAM yang kita butuhkan agar tidak terjadi salah pemasangan yang akan menyebabkan RAM atau slot RAM kita terbakar.

5. Pilih merk RAM yang memeberikan garansi lifetime, karena garansi lifetime akan mempermudah kita ketika terjadi masalah pada RAM yang kita pasang dan juga pastikan kita mengetahui tempat service center untuk mereplace atau menukarkan RAM jika terjadi masalah

6. Jika kita pasang sendiri RAM kita pastikan sebelum memasang kita matikan dahulu komputer atau laptop dan kita cabut semua kabel yang berpotensi listrik seperti kabel power atau battrei laptop, hal ini menjaga agar RAM yang akan kita pasang tidak mengalami kerusakan karena sifat RAM yang sangat sensitif dengan adanya listrik statis.

Semoga sedikit tips diatas bermanfaat bagi kita dalam mengupgrade RAM komputer desktop ataupun laptop kita, jika ingin menambahkan silahkan di kolom komentar.

Share

0 komentar :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...